Sunday, April 1, 2007

Apa dan Siapa Itu ˝Duta Makassar˝



A. Warga Biasa
Siapapun yang pernah terlibat dan menghadiri event-event yang berthema ˝Makassar for Peace˝. Yakni sebuah move dari WARKOP ke WARKOP (Warung Kopi, yang kemudian saya plesetkan menjadi ´Warkop Institute´ dan beberapa simbol serta permainan kata (paronomasia) yang terpusat pada ´secangkir kopi´.) Dan lalu move tersebut kemudian ber-evolusi menjadi event berantai yang ditanda tangani oleh ribuan warga masyarakat Makassar. Mulai dari Pekerja, Mahasiswa, Pejabat Pemerintah, Pengusaha, Rektor, Lsm, Organisatoris, Agamawan, Budayawan.

Jadi terminologi ´Duta Makassar´ yang kami maksudkan disini adalah seseorang yang mempunyai pemikiran, ide, gagasan, –atas pilihannya sendiri- untuk bertindak dan bersikap sebagai ´utusan´, yang secara bersama-sama (atau secara sendiri-sendiri) membangun ´image´ kota Makassar, ke dalam dan atau ke luar Negri, dengan tidak melihat apa ´status´, ´jabatan´ dan ´institusi´ seseorang.

Semuanya berstatus ´warga´ pada level ´human´, yang beraktifitas, berkreasi, berprofesi, membangun generasi, turunan, makan dan minum di Makassar. Dari manapun asalnya. Termasuk jika ´seseorang´ tersebut adalah warga kota, daerah, propinsi lain, dan atau dari Negara lain sekalipun.

B. Bloggers
Siapapun, sahabat Se-blog dan se-tanah air yang membuat link ke http://makassar-travel.blogspot.com/ dan http://makassar-photos.blogspot.com/.

Saat ini, sahabat se-blog dan se-tanah air sebagai ˝Duta Makassar˝ , adalah:

A. SELAYAR BLOG
B. PEKANBARU-RIAU
C. BISOT INDOSIAR
D. CIPUKUN
E. JOBLESSGRADUATE (Web Directory: Travel, no. 11)
F. BALI GALLERY

Jadi, terima kasih banyak dudu untuk Sari´battangku (saudaraku) Selayar Blog, Bisot, Pekanbaru-Riau, Cipukun, Bobby (Bali Gallery) dan Adam (Joblessgraduate Web Directory / Australia) .

Saya harapkan, kedepan akan masih bertambah lagi, punna teai i katte-katte ngaseng, inaimo paeng?...:-)

Jadi, yang dimaksudkan dengan penggunaan term ´Duta´ adalah bersifat virtual dan eksis di alam maya, ini. Sekalipun dalam beberapa hal, ada beberapa event yang beberapa tahun lalu pernah terlaksana secara ´berantai´, tetapi semuanya saya arahkan untuk bermuara ke alam maya: Internet. Yakni dalam rangka menunggangi falsafah (katakanlah gitu) dari ´Open Source´ dan tak terbatas ruang dan waktu.

Untuk sementara, itu dulu yang bisa saya sampaikan mengenai isi ´unek-unek´ saya tentang ´Apa dan Siapa itu Duta Makassar´. Oleh karena di berbagai milis, saya terkadang menyebut diri sebagai ´The Perspective Drafter´(itu artina tukang sketsaji kodong...) sehingga tentunya, penjabaran di atas bukanlah sebuah ´definisi tertutup´.

Untuk itu, saya mempersilakan forum pembaca untuk sharing pendapat dalam hal memperkaya pemaknaan istilah (Duta Makassar) tersebut.



Terima kasih jai dudu, sudah mampir...
PatanYali

1 comment:

bisot said...

ehmm.. ehmmm jadi GR nih

salam

bisot
http://bisot.blog.indosiar.com/